Senin, 12 Maret 2018

Me Time Totalitas

Hai again readers 

Sebenernya tulisan ini dibuat karena latar belakang gue sebagai mahasiswa perantau di luar kota, yang gue yakin ga ada orang perantau satupun yang gapernah menghemat/irit-irit pengeluaran supaya budget bisa pas untuk satu bulan. So did I. Tapi gue ga akan bahas gimana caranya bisa ngehemat atau apa aja yang gue lakuin biar uang bulanan ngepas (gue bahas di akhir aja), main idea tulisan ini adalah gimana lo bisa satu hari aja seneng-seneng dan tanpa ngerasa bersalah keluarin duit banyak because you just deserve it. Yap, me-time itu perlu (bukan berarti me time harus keluarin uang ya, meskipun uang juga kadang bisa beli ini itu yang bikin bahagia wkwk), agak nyesel sebenernya gue baru kepikiran ide ini di tahun 2017 kemarin. Dengan faktor penunjang dua hal, baru kelar ujian dan dunia per-semester-tujuh-an, dan karena gue ulang tahun. So, dari H-1 bulan gue berniat nabung bit extra untuk dapetin budget lebih dari me-time biasanya, karna itu tadi, last exam and birthday. 

Terus gue ngapain aja tuh? Oke, sebenernya gue mau kasih judul "Jadi Orang Kaya Seharian", tapi berkaca kegiatan orang kaya kayanya ga gini gini juga jadi gue rubah "Me Time Totalitas". Yep, totalitas nabungnya maksud gue HAHA. 

Pertama, pagi gue masih ujian. Bulan Desember cuy, kampus gue tuh kalo akhir tahun suka ada selipan musim gugur diantara penghujan gitu deh. Dari bunga Desember bermekaran yang bikin trotoar warna warni merah muda, sampe jalanan paving-an dipenuhi kelopak bunga-bunga kecil warna kuning dan rimbun banyaaaaak sekali. Hehehe seneng gak liatnya memuaskan mata banget, kalo aja dihiasi gedung tinggi dan kerumunan orang berjalan kaki atau naik sepeda, udah kaya diluar negeri aja ini bumi suko****.  Kedua, mulai lah gue me time yang didominasi beli barang yang gue suka dan melakukan hal yang sangat jarang gue lakuin sebagai anak kosan.

Beli Samyang, 1 ga cukup 
Buat gue, beli samyang adalah suatu kemewahan yang gue lakuin kadang 1-2 bulan sekali karena ga mungkin gue rutin keluarin uang 18k untuk makan mie doang. Walaupun itu enak banget (noted; gue cuma suka yang cheese yah). Jadi sore cerah itu, gue dan Mr. Scoopy beranjak beli beberapa bungkus samyang, and done! 
Beli Sheet Mask 
Sama halnya kayak samyang, apply a sheet mask juga suatu kemewahan yang ga gue lakuin tiap hari karena mahal dan hanya sekali pakai (coba kalo essence nya bisa di refill). Padahal pake sheet mask itu adeeem banget serasa mood langsung up directly dan productive-able banget (kalo misal lo pake pas kerjain suatu hal, Tugas Akhir misalnya) dan dilanjut tidur dengan perasaan damai. Pas itu, gue yang biasanya beli sheet mask 1-2 minggu sekali, langsung beli 5. Dan 2 of them masih belom gue pake ampe sekarang (habit lama gue muncul ketika covernya lucu maka gue sangat betah untuk majang tuh benda berbulan-bulan). 
Makan Jank-Jank Wings 
Mungkin ga ada yang spesial dengan menu nasi + sayap ayam dibalut bumbu rasa rasa. Tapi sekali lagi, gue makan ini berapa bulan sekali. Dan emang konten dari menunya gue semua suka (dari semua bagian ayam, sayap dan ceker emang terbaik), dan flavor cheese. Plus ada satu minum yang gue gak asing sama rasanya but somehow I couldn't remember (Green Goblin, mungkin ada yang tau dia mirip apa gitu....) 
Drink Chatime 
Ini best of the best parts in that day sih. Favorite beverage yang jaraaaaang gue beli, tapi rasanya nagih manis sejuk dan bikin sedih karena ga bisa sering beli. Andaikan harga chatime sedikit bisa di toleransi (atau mungkin dompet gue yang kadarnya bisa naik dikit kali ya), gue bisa purchase lebih rutin. Dan sampe sekarang, I still adore Chatime and can not move on from Hazelnut Choco Milk Tea (mungkin karena gue belum nyoba Share Tea yang katanya ada yang recommended) 
Watch Movie di Bioskop
Gue bisa dibilang orang yang sebisa mungkin kalo nonton itu download atau streaming. Jangan ke bioskop, karena duitnya mending buat makan :( dan selama gue hidup, film yang kemarin gue tonton (Coco) adalah film ke 7 yang gue tonton di bioskop. Prinsip gue adalah, lo nonton bioskop 1 kali aja setahun, hedon dikit 2 kali gapapa. Tapi 3 kali? Jangan.... Yah overall, filmnya sarat moral value even gue ga nangis di bagian Remember Me dan menurut gue lagu itu biasa aja. Karena sebulan kemudian (udah di beda tahun ya) I can't deny not to watch The Greatest Showman yang 100% lagunya EPIC. Harusnya tuh showman rilis pas tanggal gue ulang tahun aja ya. Jadi, pas itu gue memutuskan untuk me time dengan nonton even bukan film terbaik yang pernah gue tonton di bioskop. 

Setelah itu pulang deh, udah cukup hedon dibalut nama me time. So far, gue sangat bahagia ketika gue bisa beli apa yang gue mau walaupun dengan nabung dulu tentunya. Tapi di hari itu gue beli ga mikir, eh boleh gak ya? Tapi baru kemarin beli dan macam macam bisikan berbau anak kos pada umumnya. Tentunya setelah gue berhedon ria, gue kembali hidup dengan pengeluaran seirit mungkin hehehe. Nah, hal rutinitas apa aja sih yang biasa gue lakuin sebagai anak kos? 


Gue makan tetep 2 kali sehari kok. Walaupun saking meditnya kadang gue makan sehari sekali. Tapi make sure, gue tetep dapat brunch entah susu kotakan atau buah atau bisa roti. Dan sekali makan, jangan sampe lebih dari 10 ribu, ingat masih ada besok. Kedua, gue selalu list pengeluaran tersier baik itu barang ataupun makan mahal tiap bulannya dijatah berapa, malah kalau bisa, nggak usah sama sekali (gue ga bikin daily outcome). Karena masih ada kebutuhan primer lain misal fotokopi, bensin, belanja bulanan yang diirit (detergen sachetan, pewangi sachetan, odol ukuran kecil dkk). Ketiga, selalu jatahin duit lo seminggu sekali harus cukup berapa puluh ribu, dan yang terakhir, jangan sering ke ATM untuk ambil uang. Dua yang terakhir ini penting men, tanpa 'dibatasi' walaupun udah sehemat mungkin pasti ada aja perintilan kecil kecil yang suka "ah gue beli aja gapapa kali ya" padahal belum butuh banget dan karena lucu aja (biasa, cewe). 

Sekian cerita random hari ini dari gue. 
See you on next post! 

0 komentar:

Posting Komentar